RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN
BAB 3 :
Klasifikasi Materi dan Perubahannya
SUB MATERI : CAMPURAN
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 3 X 40 MENIT
A.
Kompetensi
Inti:
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.3 Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan
kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3.1
Menggolongkan
karakteristik materi.
3.3.2
Menjelaskan perbedaan
unsur, senyawa, dan campuran.
3.3.3
Menjelaskan metode
pemisahan campuran.
3.3.4
Menjelaskan sifat
fisika dan sifat kimia.
Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan
kimia.
|
4.3.Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat
larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
4.3.1
Melakukan pemindaian karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta
mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
4.3.2
Melakukan pengukuran asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan
alami
|
Tujuan Pembelajaran :
3.3.3.1
setelah guru memberikan contoh tentang unsur, senyawa dan campuran Siswa dapat menjelaskan perbedaan
unsur, senyawa, dan campuran.
3.3.3.2 setelah guru memberikan contoh larutan asam basa dan
garam menyelidiki
bahan-bahan alam yang dapat dijadikan sebagai Indikator alami dan
buatan
3.3.3.3.Setelah
siswa melakukan percobaan campuran,
Siswa dapat membedakan antara larutan homogen dengan heterogen serta
menerapkan campuran di kehidupan sehari-hari
4.3.2.1 setelah siswa melakukan diskusi dan percobaan,
siswa mampu membuat laporan tentang campura, asam basa dan garam.
C. Materi
Pembelajaran
Ø Karakteristik
materi, unsur, senyawa dan campuran
Unsur merupakan zat
tunggal yang tidak dapat dibagi lagi
menjadi bagian yang lebih sederhana dan akan tetap mempertahankan karakteristik
asli dari unsur tersebut. Sebongkah emas
apabila dibagi terus sampai bagian yang terkecil akan menjadi atom emas. Banyak
sekali unsur yang ada di alam dapat kamu jumpai dalam kehidupan seharihari.
Misalnya besi, timah, seng, tembaga, dan nikel. Sama dengan contoh emas di
atas, coba kamu perhatikan potongan besi bila dibagi lagi menjadi bagian yang
terkecil akan diperoleh atom besi. Demikian pula pada timah, seng, tembaga, dan
nikel. Dari penjabaran tersebut, maka
dapat disimpulkan bahwa unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan
lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan proses kimia biasa. Bagian
terkecil dari unsur adalah atom.
Unsur di alam dapat
dibagi menjadi dua jenis, yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam
adalah besi, emas, dan seng. Contoh unsur nonlogam adalah karbon, nitrogen, dan
oksigen. Selain itu masih ada juga unsur yang bersifat semi logam.
Cara pemberian lambang unsur menurut Berzelius adalah sebagai
berikut. • Setiap unsur
dilambangkan dengan satu huruf, yaitu huruf awal dari nama latinnya.
• Huruf awal ditulis
dengan huruf kapital atau huruf besar. • Untuk
unsur yang memiliki huruf awal sama, diberikan satu huruf kecil dari nama unsur
tersebut.
Contoh: Karbon (nama latinnya Carbon), dilambangkan dengan (C),
Kalsium (nama latinnya Calsium) dilambangkan dengan (Ca).
Senyawa
senyawa merupakan zat
tunggal/murni yang dapat diuraikan menjadi dua atau lebih zat yang lebih
sederhana dengan proses kimia biasa. Misalnya, air yang memiliki rumus H2O
dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen (H) dan oksigen (O).
Ø Campuran dan sifat
larutan asam basa
Campuran adalah suatu
materi yang terdiri atas dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat zat
asalnya. Campuran dibedakan menjadi dua, yaitu campuran homogen dan campuran
heterogen. Contoh beberapa campuran yang sering kita jumpai dalam kehidupan
seharihari adalah susu cokelat, air sungai, udara, batuan, garam beryodium, dan
paduan logam. Kamu mungkin sering menggunakan berbagai jenis campuran, misalnya
ketika memasak, membuat teh manis atau kopi
D. Media, Alat, Bahan dan Sumber
Pembelajaran
Ø
Media : LKS, Gambar/Foto, tentang teori Plantae
Ø
Alat/Bahan : LCD, papan tulis, spidol,
Laptop, proyektor, gambar perubahan materi, logam paku dan air, garam.
Ø
Sumber Belajar :Buku ; Buku siswa dan guru mata pelajaran IPA
Kemdikbud 2016 dan internet dan nara sumber lainnya
E. Pendekatan, metode, dan model pembelajaran
Pendekatan : scientific
Metode : diskusi, tanya jawab dan
penugasan
Model : Discovery Learning
F. Langkah-langkah Pembelajaran
2. Pertemuan
Ke-2 ( 3 x 40 menit )
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
Ø
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Siswa
Ø
Menjawab salam dan berdoa sebelum memulai
pembelajaran
Ø
Menjawab hadir dan tidak hadir
Ø
Mengeluarkan buku catatan dan buku paket IPA
Apersepsi
Guru
Ø
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran
Ø
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
Ø
Memberitahukan tentang kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
Motivasi
Ø
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari. “manfaat dari pembelajaran perubahan materi
ialah memberi manfaat bagi kehidupan sehari-hari seperti pembekuan air,
mencairkannya kembali dan lainnya”
Ø
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
Ø
Mengajukan pertanyaan.
Apakah kalian suka bermain
badminton? Pasti mendengar pemain ganda campuran ?
Adakah dari anak-anak ada
yang suka minum es campur?
Apakah kalian sering minum
the/sirup/susu?
Bagaimana perubahan yang
terjadi? Masih terlihatkah gula/susu/garamnya? Bagaimana cara mengetahui
bahwa itu the manis/ larutan garam?
Ada yang suka minumes jeruk?
Bagaimana rasanya? Mengapa asam, termasuk larutan apa?
Siapa yang suka main niup
balon dari sabun/detergen? Pernah terjilatkah sabunnya, apa rasanya?
Pemberian
Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas”yiatu materi dan perubahannya”
Ø
Pembagian kelompok belajar “membagi menjadi 6
kelompok, boleh berhitung boleh juga bergabung dengan teman terdekat”
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
1.
Stimulation (stimullasi/
pemberian rangsangan)
Siswa diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic dengan
cara :
Melihat
Menayangkan
gambar/foto tentang campuran.
Ø Siswa diminta untuk mengamati penayangan gambar
yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa seperti gambar dibawah
![]()
Mengamati
Ø
Siswa diminta
mengamati gambar /foto yang yang
terdapat pada buku dan
mengamati lingkungan sekitar.
Membaca
Ø Siswa diminta membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan campuran dan sifat larutan asam basa
2. Problem statemen
(pertanyaan/ identifikasi
masalah)
Guru
memberikan
LKS tentang campuran, asam basa. Serta kesempatan pada siswa untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan percobaan yang
disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar.
Memberikan rumusan masalah :
Apa yang dimaksud dengan campuran?
Bagaimana sifat larutan asam
basa? Dan Bagaimana ciri-cirinya?
3. Data collection
(pengumpulan data)
Guru
Membimbing siswa untuk berdiskusi
serta mengumpulkan data tentang campuran, larutan asam, basa dan garam.
Siswa mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah di identifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengumpulkan informasi
Ø Siswa diminta mengumpulkan data yang diperoleh
dari berbagai sumber tentang : campuran dan sifat larutan
asam basa
Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø Siswa diminta mengeksplor pengetahuannya dengan
membaca buku referensi tentang : campuran
dan sifat larutan asam basa.
4. Data processing
(pengolahan Data)
Guru
membimbing siswa dalam pengolahan data
dan menanyakan apakah ada kesulitan dalam pengolahan data.
Coba cocokkan antara teori yang sudah
dibaca dibandingkan dengan hasil percobaan.
Siswa dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data : campuran dan sifat larutan asam basa yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
siswa
mengerjakan beberapa soal mengenai :
campuran dan sifat larutan
asam basa
5. Verification (pembuktian)
Guru
Membimbing siswa untuk membuktikan manakah
yang sebut larutan homogen, larutan heterogen, larutan asam basa.
Meminta siswa untuk membuktikan
ciri-ciri larutan homogeny, heterogen dan larutan asam basa.
Siswa mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : campuran dan sifat larutan asam basa
6. Generalization (menarik
kesimpulan)
Guru membimbing siswa atau kelompok
untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
Siswa
Ø Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya secara bergantian ke depan kelas.
Ø Kelompok
lainnya memperhatikan dan menanggapi hasil diskusi kelompok yang presentasi.
Ø Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
Ø Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan siswa lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
Guru
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : campuran dan sifat
larutan asam basa.
Memberikan
penguatan materi tentang campuran, lauran asam basa dan garam.
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan
Penutup
Siswa
:
Membuat resume dengan bimbingan
guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan.
Guru
mengevaluasi
dan memberi penguatan pada pembelajaran hari ini.
Guru
memberikan Postest
1.
Apa yang dimaksud dengan campuran? Berilah contohnya
2.
Ada berapa macamkah jenis larutan? Jelaskan dan berilah contohnya
masing-masing.
3.
Tumbuhan apa yang dapat digunakan sebagai bahan indicator asam dan basa?
4.
Bagaimana perubahan kertas lakmus terhadap larutan asam? dan bagaimana perubahan kertas lakmus terhadap
larutan basa?
5.
Bagaimana cara memisahkan campuran heterogen?
Ø
Menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama.
Siswa
Menjawab salam dan berdoa bersama.
|
15 menit
|
LKS
( Lembar Kerja siswa )
Kelompok
:
Kelas
:
Nama
anggota :
Kerjakan
dengan anggota kelompok masing-masing dan di kumpulkan tepat waktu!
Bacalah
dengan seksama!
Rumusan
masalah :
a. Bagaimana
perubahan zat yang dicampur dengan pelarut?
b. Bagaimana
cara mengetahui suatu campuran atau larutan?
c. Bagaimana
membedakan larutan asam dan basa?
Hipotesis
:
a. zat
terlarut akan bergabung dengan zat pelarut maka menjadi larutan homogeny dan
sebaliknya.
b. Larutan
dikatakan asam bila asam dan licin, larutan yang dikatakan basa jika rasanya
pahit.
Alat
dan bahan
Alat
|
Bahan
|
gelas 6 buah
Sendok 2 buah
Alat tulis
Kertas label atau spidol
Kertas lakmus
|
Air
Pasir
Gula
Garam
Minyak
Jeruk
Detergen
|
Cara
kerja :
1. Siapkan
alat dan bahan
2. Berilah
label pada setiap gelas
3. Masukkan
air ke setiap gelas secukupnya
4. Tambahkan
gula ½ sendok teh dan aduk sampai larut
5. Amati
yang terjadi
6. Ulangi
hal tersebut dengan mengganti bahan dengan garam, minyak, pasir, air jeruk dan
detergen.
7. Amatilah
apa yang terjadi
8. Tulis
di buku latihan atau kertas selembar.
Pertanyaan
diskusi :
1. Zat
yag terlarut disebut……….. …..dan zat pelarut di sebut…………...
2. Dari
percobaan kelompok kalian, manakah zat yang mengalami perubahan?
3. Termasuk
larutan homogen yang mana? Yang heterogen yang mana?
4. Mengapa
bisa demikian? Berikan alasan mu secara masing-masing
5. Larutan
manakah yang termasuk larutan asam? Mana yang termasuk larutan basa?
6. Bagaimana
ciri-ciri larutan asam? Basa?
7. Apakah
yang dimaksud dengan campuran?
8. Indicator
asam-basa dibedakan menjadi berapa macam? Contohnya apa saja?
9. Apa
perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran?
10. Buatlah
kesimpulan berdasarkan percobaan kalian.
Kunci jawaban
1. Zat
yag terlarut disebut solute….. dan
zat pelarut di sebut solvent
2. Dari
percobaan kelompok kalian, manakah zat yang mengalami perubahan?
Gula, garam
3.
Termasuk larutan homogen yang mana?
Larutan air dan gula dan larutan air dan garam
Yang heterogen yang mana? Pasir
4. Mengapa
bisa demikian? Berikan alasan mu secara masing-masing
Karena zat terlarut menjadi
terlarut bersama pelarut sehingga sulit dibedakan kembali zat terlarutnya. Dan
sebaliknya.
5. Larutan
mana yang termasuk larutan asam? Mana yang basa?
Larutan jeruk nipis
Larutan detergen
6. Bagaimana
ciri-ciri larutan asam? Basa?
Rasa asam, menyebabkan korosi,
lakmus biru menjadi merah
Rasa agak pahit, licin di kulit dan
mengubah lakmus merah menjadi biru.
7. Apakah
yang dimaksud dengan campuran?
Campuran adalah Suatu materi atau
zat yang tersususn atas 2 atau lebih yang masih mempunyai sifat asalnya.
8. Indicator
asam-basa dibedakan menjadi berapa macam? Contohnya apa saja?
Zat termasuk Indicator alami yaitu ekstrak kunyit, bunga mawar, kol, bunga
kembang sepatu dan yang termasuk indicator buatan yaitu kertas lakmus.
9. Apa
perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran?

10.
Buatlah kesimpulan berdasarkan percobaan
kalian.
Campuran adalah suatu materi yang terdiri atas dua zat
atau lebih yang masih mempunyai sifat zat asalnya. Campuran dibedakan menjadi
dua, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.
Zat termasuk Indicator alami yaitu ekstrak kunyit, bunga mawar, kol, bunga
kembang sepatu dan yang termasuk indicator buatan yaitu kertas lakmus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar