RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/1
Materi : kelompok Tumbuhan
Alokasi waktu : 3 X 40 menit
A.
Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, danmenyajidalam ranahkonkret danranahabstrak terkaitdengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
dasar dan Indikator
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup
dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
INDIKATOR
3.2.10.
Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.11.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
TUJUAN
3.2.10.1. Siswa
dapat menjelaskan ciriciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.11.1. Siswa
dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
4.2.1
setelah siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut, tumbuhan paku, spermatophyta
(tumbuhan berbunga) siswa mampu membuat laporan dalam bentuk LKS.
C.
Alat (Bahan) /
Sumber Belajar:
Ø Media : LKS, Gambar/Foto, tentang teori kelompoktumbuhan.
Ø Alat/Bahan : laptop,LCD, papan tulis, spidol, tumbuhan
lumut, paku dan spermatophytadll.
Ø Sumber Belajar :Buku ; Buku Ilmu
Pengetahuan Alam Kemdikbud RI 2016 dan internet.
D.
Pendekatan, metode, dan model pembelajaran
1. Pertemuan pertama
Pendekatan : scientific
Metode : diskusi, tanya jawab dan
penugasan
Model : Discovery Learning
E.
Langkah-langkahPembelajaran
Pertemuanpertama
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
Apersepsi (salam, doa, absensi)
Guru : assalamualaikum wr wb
Siswa :
waalikumsalam wr wb
Guru : mengajak siswa untuk berdoa bersama
sebelum belajar
Siswa :
(ketua kelas memimpin doa)
Pengkondisian
kelas
Guru : Mengabsensi siswa
Siswa : menjawab absesi ( hadir
ibu/Bapak)
Guru
:memotivasi siswa menggunakan tayangan video
tentang lumut dan tumbuhan paku dan pertanyaan yang berhubungan dengan ciri-ciri kelompoktumbuhan.
|
15 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Stimulation (stimulasi/pemberianrangsangan)
Guru : anak-anak, pernahkah kalian melihat pohon
disekitar rumah atau lingkungan sekolah? Bagian tumbuhan itu apa saja?
Sebutkan bagian-bagiannya.
Siswa : pernah bu/pak, pohon
punya bunga, daun, batang, dan akar.
Guru ::coba
kalian perhatikan beberapa gambar berikut (menampilkan beberapa foto tentang
tumbuhan seperti lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbunga) Coba sebutkan
tumbuhan apa pada kartu tumbuhan?
Siswa : ada lumut, ada tumbuhan paku, ada strobilus
pinus, tumbuhan berbunga (spermatophyta) bu/Pak.
Guru : kalau strukturnya bagaimana?
Siswa :
lumut; ukurannya kecil, bewarna hijau, tidak mempunyai daun, punya akar kecil
Tumbuhan paku ; ukurannya lumayan besar, punya daun,
daun mudanya menggulung ketika masih muda.
Tumbuhan berbiji ; ukurannya besar, punya bunga,
biji, daun, batang nya berkayu, berakar yang besar.
Guru :
iya benar, kalau perbedaanya berdasarkan yang anak-anak lihat apa saja?
Siswa : (beberapa siswa menjawab)
Lumut : tidak punya daun, batang
Tumbuhan paku : punya daun
Tumbuhan berbiji : punya daun, bunga, batang dan
akar bu/pak
(ada beberapa siswa yang menjawab) bingung bu/pak
membedakannya
(ada beberapa siswa yang menjawab)Tidak tau bu/pak
Guru : betul
nak, salah satu perbedaannya yang anak-anak sebutkan. Untuk yang belum tau
dan belum paham coba bukunya di buka dan dibaca di bab tentang tumbuhan.
Siswa :
iya bu/pak. Ada banyak perbedaannya
Guru :sekarang kalian bagi menjadi 6 kelompok,
silahkan kalian berhitung 1 sampai 6 Setelah terbentuk silahkan berkumpul bersama kelompoknya masing-masing.
Siswa : iya, (siswa mulai berhitung 1 sampai 6 dan
berkumpul sesuai dengan kelompoknya)
b. Problem statement
(pernyataan/ identifikasimasalah)
Guru : (membagikan LKS) nah, anak-anak sudah duduk
berkelompok, bagaimanapendapat kalian
tentang gambar yang sudah bapak tampilkan? Apa yang membedakan antara tumbuhan paku dan lumut?
Siswa :iya
bu/pak, sudah.Iya,
c. Data collection (Pengumpulan Data)
Guru :silahkan
kalian cari di buku paket atau di
google tentang tumbuhan lumut dan paku. .
Siswa :
iya bu/pak,
Guru :jangan
lupa cari selengkap-lengkapnya ya, supaya mudah memahaminya dan berasal dari sumber yang jelas.
Siswa :
iya bu/pak.
d. Data Processing (PengolahanData)
Guru :
anak-anak, coba kalian cocokan antarapendapat
kalian tentang gambar yang ditampilkandengan data yang kalian dapatdengan
data yang kalian perolehdari buku cetakdan
literature yang sudah kalian dapat.
Siswa : iya bu/pak.Ternyata lumut mempunyai akar
tetapi hanya akar semu.Punya saya benar bu/pak,
e. Verification (Pembuktian)
Guru :
data kalian coba di cocokan dengan melihat gamba rlumut dan paku. Coba tunjukan bagian-bagiannya (sambil menunjukkan
bagian tumbuhan
lumut dan tumbuhan paku ).
Siswa :
iya bu/pak
Siswa :
(mengamati dan mengidentikasi morfologinya) ini bagian mirip daunnya, ini akar
rizhoidnya. Yang paling tinggi (berbentuk kapsul) itu bagian tempat spora.
Guru : iya benar, kalau sudah identifikasinya jangan
lupa ditulis hasilnya.
Siswa :
iya bu/pak guru.
f. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Guru : coba
kalian simpulkan tentang penjelasan mulai dari video tentang tumbuhan lumut dan paku,
gambarnya berdasarkan pemahaman kelompok kalian. Kelompok lainnya menanggapi hasil dari kelompok yang tampil di depan.
Siswa :( setiap perwakilan melaporkan hasil dan
simpulannya kedepan kelas )
Guru : iya
benar, itulah yang membedakan antara tumbuhan lumut dan paku. Beri aplause
untuk teman kalian..
Siswa : (semuanya memberi aplause)
|
85 menit
|
3
|
Penutup
Ø Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang lumut (Bryophyta), tumbuhan paku (Pterydophyta) dan tumbuhan berbiji.
Mulai dari struktur akar, batang, daun, bunga, buah, biji dan habitatnya.
Ø Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang
kelompok hewan dan siswa harus membawa spesimen dari beberapa macam tumbuhan.
Ø Guru : mengevaluasi pembelajaran pada hari ini tentang bryophyte dan pterydophyta.
Ø Guru : menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
Ø Siswa :
menjawab salam
|
20 menit
|
PENILAIAN KETERAMPILAN
Penilaian kompetensi keterampilan :Penilaian Proyek
Satuan Pendidikan :
SMPN 07 KUNINGAN
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran : VII/1/2018/2019
Kompetensi Dasar :
No.
|
Nama Siswa
|
INDIKATOR
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Alat Dan Bahan
|
Langkah
Kerja
|
Keselamatan Kerja
|
Kesimpulan
|
Tampilan Laporan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
Dst
|
FORMAT PENILAIAN
Nilai :
(Jumlah Skor) x4= . . .
Rubrik Penilaian Soal Essay
Untuk nilai
terkecilnya yaitu
0, jika jawaban salah atau tidak menjawab.
1 jika jawaban hanya menjawab pengertian atau hanya iya/tidak tanpa ada
alasan
2 jika jawaban menjawab pengertian dan ada alasan
3 jika menjawab seluruhnya dengan lengkap, ada alasan dan jelas.
LKS (Lembar Kerja Siswa)
Isilah soal berikut dan kerjakan masing-masing dikarenakan tugas ini berguna untuk mengukur pemahaman akan materi
yang telah di sampaikan.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat.
1.
a. lumut b. tumbuhan paku
![]() |
![]() |
||
Berdasarkan pada gambar diatas, sebutkan ciri-ciri Bryophyta/Lumut
Dan tumbuhan paku
Bagian yang diamati
|
Tumbuhan Lumut
|
Tumbuhan Paku
|
Akar
|
|
|
Batang
|
|
|
Daun
|
|
|
Bunga
|
|
|
Buah
|
|
|
Biji
|
|
|
Habitat
|
|
|
Jawaban soal LKS
1. Ciri-ciri
tumbuhan lumut :
Tidak
mempunyai daun, batang dan akar sejati
Tidak
berpembuluh
Gametofitnya
terlihat jelas
Hidup di
tempat lembab
. Ciri-ciri tumbuhan Pteridophyta/tumbuhan
paku
Ø
Sudah
memiliki akar, batang dan daun sejati.
Ø
Habitat di
darat, perairan, dan menempel
Ø Saat masih muda biasanya daun tumbuhan paku menggulung
Ø
Memiliki
klorofil, sehingga cara hidupnya fotoautotrof
Ø
Dalam
siklus hidup (metagenesis) pada fase sporofit (tumbuhan paku sendiri) yang
lebih dominan dari fase gametofitnya
2. Lihat pohon mangga yang ada di sekitar sekolah dan
coba amati bagian-bagiannya yaitu akar, batang, daun, bunga, buah, biji habitatnya dan hasilnya
tuliskan dalam bentuk tabel.
Bagian yang diamati
|
Pohon mangga
|
Akar
|
|
Batang
|
|
Daun
|
|
Bunga
|
|
Buah
|
|
Biji
|
|
Habitat
|
|
3. Berdasarkan
tumbuhan yang aanda bawa, coba amaati bagian akar, batang, daun, bunga, buah
dan biji. Dan msukkan ke dalam tabel berikut ini :
No
|
Nama Tumbuhan
|
akar
|
Batang
|
Daun
|
Bunga
|
Biji
|
Kelompok tumbuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar