Rabu, 13 Maret 2019

RPP plantae


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester            : VII/1
Materi                          : kelompok Tumbuhan
Alokasi waktu              : 3 X 40 menit
A.     Kompetensi Inti
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, danmenyajidalam ranahkonkret danranahabstrak terkaitdengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi dasar dan Indikator
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
INDIKATOR
3.2.10. Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.11. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.

TUJUAN
3.2.10.1. Siswa dapat menjelaskan ciriciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.11.1. Siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
4.2.1 setelah siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut, tumbuhan paku, spermatophyta (tumbuhan berbunga) siswa mampu membuat laporan dalam bentuk LKS.

C.     Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
Ø  Media                          : LKS,  Gambar/Foto, tentang teori kelompoktumbuhan.
Ø  Alat/Bahan                   : laptop,LCD, papan tulis, spidol, tumbuhan lumut, paku dan spermatophytadll.
Ø  Sumber Belajar :Buku ; Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kemdikbud RI 2016 dan internet.
D.     Pendekatan, metode, dan model pembelajaran
1.      Pertemuan pertama
Pendekatan                : scientific
Metode                      : diskusi, tanya jawab dan penugasan
Model                        : Discovery Learning

E.      Langkah-langkahPembelajaran
Pertemuanpertama
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Apersepsi (salam, doa, absensi)
Guru   : assalamualaikum wr wb
Siswa : waalikumsalam wr wb
Guru  : mengajak siswa untuk berdoa bersama sebelum belajar
Siswa : (ketua kelas memimpin doa)
Pengkondisian kelas
Guru   : Mengabsensi siswa
Siswa : menjawab absesi ( hadir ibu/Bapak)
Guru :memotivasi siswa menggunakan tayangan video tentang lumut dan tumbuhan paku dan pertanyaan yang berhubungan dengan ciri-ciri kelompoktumbuhan.

15 menit
2
Kegiatan Inti
a. Stimulation (stimulasi/pemberianrangsangan)
Guru  : anak-anak, pernahkah kalian melihat pohon disekitar rumah atau lingkungan sekolah? Bagian tumbuhan itu apa saja? Sebutkan bagian-bagiannya.
Siswa   : pernah bu/pak, pohon punya bunga, daun, batang, dan akar.
Guru       ::coba kalian perhatikan beberapa gambar berikut (menampilkan beberapa foto tentang tumbuhan seperti lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbunga) Coba sebutkan tumbuhan apa pada kartu tumbuhan?
Siswa : ada lumut, ada tumbuhan paku, ada strobilus pinus, tumbuhan berbunga (spermatophyta) bu/Pak.
Guru      : kalau strukturnya bagaimana?
Siswa  : lumut; ukurannya kecil, bewarna hijau, tidak mempunyai daun, punya akar kecil
Tumbuhan paku ; ukurannya lumayan besar, punya daun, daun mudanya menggulung ketika masih muda.
Tumbuhan berbiji ; ukurannya besar, punya bunga, biji, daun, batang nya berkayu, berakar yang besar.
Guru         : iya benar, kalau perbedaanya berdasarkan yang anak-anak lihat apa saja?
Siswa   : (beberapa siswa menjawab)
Lumut : tidak punya daun, batang
Tumbuhan paku : punya daun
Tumbuhan berbiji : punya daun, bunga, batang dan akar bu/pak
(ada beberapa siswa yang menjawab) bingung bu/pak membedakannya
(ada beberapa siswa yang menjawab)Tidak tau bu/pak
Guru   : betul nak, salah satu perbedaannya yang anak-anak sebutkan. Untuk yang belum tau dan belum paham coba bukunya di buka dan dibaca di bab tentang tumbuhan.
Siswa : iya bu/pak. Ada banyak perbedaannya
Guru :sekarang kalian bagi menjadi 6 kelompok, silahkan kalian berhitung 1 sampai 6 Setelah terbentuk silahkan berkumpul bersama kelompoknya masing-masing.
Siswa : iya, (siswa mulai berhitung 1 sampai 6 dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya)
b.  Problem statement (pernyataan/ identifikasimasalah)
Guru : (membagikan LKS) nah, anak-anak sudah duduk berkelompok, bagaimanapendapat kalian tentang gambar yang sudah bapak tampilkan?  Apa yang membedakan antara tumbuhan paku dan lumut?
Siswa :iya bu/pak, sudah.Iya,
c.  Data collection (Pengumpulan Data)
Guru :silahkan kalian cari di buku paket atau di google tentang tumbuhan lumut dan paku. .
Siswa : iya bu/pak,
Guru      :jangan lupa cari selengkap-lengkapnya ya, supaya mudah memahaminya dan berasal dari sumber yang jelas.
Siswa : iya bu/pak.
d.  Data Processing (PengolahanData)
Guru  : anak-anak, coba kalian cocokan antarapendapat kalian tentang gambar yang ditampilkandengan data yang kalian dapatdengan data yang kalian perolehdari buku cetakdan literature yang sudah kalian dapat.
Siswa : iya bu/pak.Ternyata lumut mempunyai akar tetapi hanya akar semu.Punya saya benar bu/pak,
e.  Verification (Pembuktian)
Guru        : data kalian coba di cocokan dengan melihat gamba rlumut dan paku. Coba tunjukan bagian-bagiannya (sambil menunjukkan bagian tumbuhan lumut dan tumbuhan paku ).
Siswa : iya bu/pak
Siswa : (mengamati dan mengidentikasi morfologinya) ini bagian mirip daunnya, ini akar rizhoidnya. Yang paling tinggi (berbentuk kapsul) itu bagian tempat spora.
Guru : iya benar, kalau sudah identifikasinya jangan lupa ditulis hasilnya.
Siswa : iya bu/pak guru.
f.  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Guru : coba kalian simpulkan tentang penjelasan mulai dari video tentang tumbuhan lumut dan paku, gambarnya berdasarkan pemahaman kelompok kalian. Kelompok lainnya menanggapi hasil dari  kelompok yang tampil di depan.
Siswa :( setiap perwakilan melaporkan hasil dan simpulannya kedepan kelas )
Guru    : iya benar, itulah yang membedakan antara tumbuhan lumut dan paku. Beri aplause untuk teman kalian..
Siswa : (semuanya memberi aplause)

85 menit
3
Penutup
Ø  Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang lumut (Bryophyta), tumbuhan paku (Pterydophyta) dan tumbuhan berbiji. Mulai dari struktur akar, batang, daun, bunga, buah, biji dan habitatnya.
Ø  Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang kelompok hewan dan siswa harus membawa spesimen dari beberapa macam tumbuhan.
Ø  Guru : mengevaluasi pembelajaran pada hari ini tentang bryophyte dan pterydophyta.
Ø  Guru   : menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
Ø  Siswa : menjawab salam
20 menit





PENILAIAN  KETERAMPILAN

Penilaian kompetensi keterampilan                    :Penilaian Proyek
Satuan Pendidikan                                            : SMPN 07 KUNINGAN
Mata Pelajaran                                                 : IPA
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran                       : VII/1/2018/2019
Kompetensi Dasar                                            :


No.
Nama Siswa
INDIKATOR
Jumlah Skor


Nilai


Alat Dan Bahan
Langkah Kerja
Keselamatan Kerja
Kesimpulan
Tampilan Laporan
1.
2.
3.
Dst

FORMAT PENILAIAN
Nilai :
(Jumlah Skor) x4= . . .
Skor maks (25)



Rubrik Penilaian Soal Essay
Untuk nilai terkecilnya yaitu
0, jika jawaban salah atau tidak menjawab.
1 jika jawaban hanya menjawab pengertian atau hanya iya/tidak tanpa ada alasan
2 jika jawaban menjawab pengertian dan ada alasan
3 jika menjawab seluruhnya dengan lengkap, ada alasan dan jelas.



LKS (Lembar Kerja Siswa)
Isilah soal berikut dan kerjakan masing-masing dikarenakan tugas ini berguna untuk mengukur pemahaman akan materi yang telah di sampaikan.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat.

1.     
 a. lumut b. tumbuhan paku






Berdasarkan pada gambar diatas, sebutkan ciri-ciri Bryophyta/Lumut Dan tumbuhan paku
Bagian yang diamati
Tumbuhan Lumut
Tumbuhan Paku
Akar


Batang


Daun


Bunga


Buah


Biji


Habitat



Jawaban soal LKS
1.      Ciri-ciri tumbuhan lumut :
Tidak mempunyai daun, batang dan akar sejati
Tidak berpembuluh
Gametofitnya terlihat jelas
Hidup di tempat lembab
.      Ciri-ciri tumbuhan Pteridophyta/tumbuhan paku
Ø  Sudah memiliki akar, batang dan daun sejati.
Ø  Habitat di darat, perairan, dan menempel
Ø  Saat masih muda biasanya daun tumbuhan paku menggulung
Ø  Memiliki klorofil, sehingga cara hidupnya fotoautotrof
Ø  Dalam siklus hidup (metagenesis) pada fase sporofit (tumbuhan paku sendiri) yang lebih dominan dari fase gametofitnya

2.      Lihat  pohon mangga yang ada di sekitar sekolah dan coba amati bagian-bagiannya yaitu akar, batang, daun, bunga, buah, biji  habitatnya  dan hasilnya  tuliskan dalam  bentuk tabel.
Bagian yang diamati
Pohon mangga
Akar

Batang

Daun

Bunga

Buah

Biji

Habitat


3.      Berdasarkan tumbuhan yang aanda bawa, coba amaati bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Dan msukkan ke dalam tabel berikut ini :

No
Nama Tumbuhan
akar
Batang
Daun
Bunga
Biji
Kelompok tumbuhan




























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

problem pendidikan biologi dan solusi

BAB  I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah suatu usaha sadar, terencana, sistematis dan berlangsung terus mene...