Rabu, 13 Maret 2019

RPP hewan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan        : SMP
Mata Pelajaran :  IPA
Kelas/Semester            :  VII/Ganjil
BAB 2                         :  Klasifikasi Makhluk Hidup    
Tahun Pelajaran            : 2017/2018
Alokasi Waktu : 120 menit (3 X JP)
PERTEMUAN           : KE-3

A.     Kompetensi Inti:
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2  Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

3.2.10.  Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
3.2.11.  Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
4.2 Menyajikan hasil
pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di
lingkungan sekitar
berdasarkan karakteristik
yang diamati
4.2.1. membuat laporan hasil pengamatan dalam bentuk kesimpulan dari LKS kelompok.
4.2.2. mempresentasikan hasil laporan pengamatan.


C.     Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah guru memberikan gambar beberapa hewan invertebrate dan vertebrata, Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri hewan invertebrate dan vertebrata.
2. Setelah siswa mengetahui ciri-ciri hewan invertebrate dan vertebrata siswa mampu membedakan hewan invertebrate dan vertebrata.
3. Siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
4. Setelah melakukan pengamatan siswa mampu membuat laporan hasil pengamatan berupa kesimpulan di LKS.

D.    Materi Pembelajaran

Kelompok hewan
                  Seperti  halnya  tumbuhan,  hewan yang ada di permukaan bumi ini sangat beragam baik bentuknya maupun ukurannya. Ada hewan yang berukuran sangat kecil sampai hewan yang berukuran besar.
a.       Hewan Tidak Bertulang Belakang  (Avertebrata) Hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata) dikelompokkan menjadi delapan kelompok. Hewan tersebut adalah hewan berpori (Porifera), hewan berongga (Coelenterata), cacing pipih (Platyheminthes), cacing gilig (Nemathelminthes), cacing berbuku-buku (Annelida), hewan lunak (Mollusca), hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda), dan hewan berkulit duri (Echinodermata).

Porifera adalah hewan yang mempunyai pori-pori. Hewan ini tubuhnya seperti spons. Habitatnya di perairan, warna tubuhnya bermacam-macam seperti merah, kuning, dan hijau. Contoh hewan Porifera, yaitu Spongilla, Euspongia, Poterion, dan Scypha.

Coelenterata adalah hewan berongga, mempunyai tentakel untuk menangkap mangsa, pada permukaan tentakel terdapat sel beracun yang menyengat. Tubuhnya ada yang berbentuk polip yang menempel pada tempat hidupnya, dan ada yang berbentuk medusa yang bergerak aktif melayang-layang di air seperti payung. Ubur-ubur, bunga karang, Obelia, Hydra, dan Anemon adalah contoh hewan Coelenterata.

Cacing (vermes) adalah hewan bertubuh lunak, tak bercangkang, dan tubuhnya simetris bilateral. Berdasarkan bentuk tubuhnya, ada tiga kelompok, yaitu cacing pipih (Platyhelminthes) contohnya cacing hati dan cacing pita; cacing gilig (Nemathelminthes) tubuhnya bulat panjang dan tidak bersegmen, contohnya: cacing perut, cacing kremi, dan cacing tambang;

cacing gelang (Annelida) tubuhnya beruas-ruas seperti cincin, contohnya cacing tanah, lintah, dan pacet.
Mollusca adalah hewan bertubuh lunak, banyak lendirnya, dan terbungkus oleh mantel. Ada yang memiliki cangkang yang berfungsi untuk melindungi tubuh. Habitatnya di darat dan air. Contoh hewan Mollusca adalah cumi-cumi, gurita, siput, kerang, tiram, dan remis.

b.      Hewan  Bertulang Belakang  (Vertebrata)
Hewan yang mempunyai tulang belakang, seperti sapi, ungags, aves, ikan, reptile.

E.     METODE PEMBELAJARAN
a.   Pendekatan         : Saintific
b.  Metode               : Ceramah, Diskusi dan Presentasi kelompok
c.   Model                 : Discovery Learning

F.      MEDIA PEMBELAJARAN
Gambar hewan vertebrata dan invertebrate serta videonya
Papan tulis, spidol.
Buku Paket IPA semester 1, internet

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
Apersepsi
·        Guru menyampaikan salam dan meminta siswa untuk berdo’a sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.
·        Guru menanyakan kabar siswa.
·        Guru menanyakan kesiapan siswa dalam belajar.
·        Guru menanyakan kehadiran siswa.
·        Guru menyiapkan media pembelajaran.
·        Guru    :menyampaikan tujuan pembelajaran ”anak-anak pada hari ini kita akan mempelajari tentang klasifikasi kelompok hewan,
Tujuannya yaituSiswa dapat menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya. Dan dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
Menyampaikan penilaiannya yaitu tugas, presentasi dan LKS
Motivasi
siswa menggunakan tayangan video tentang hewan dan pertanyaan yang berhubungan dengan ciri-ciri hewan

10 menit
2
Kegiatan inti
a. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)

Guru    : anak-anak pernah lihatkah hewan disekitar rumah atau sekolah?
Siswa   : pernah bu, sering
Guru    : hewan apa saja?
Siswa   : capung, ikan, kucing dan lainnya 
Guru    : apakah tau perbedaannya?
Siswa   : tidak tau bu/pak.
Guru    :sekarang kalian bagi menjadi 6 kelompok, silahkan kalian berhitung 1 sampai 6. Setelah terbentuk silahkan kumpul bersama kelompoknya masing-masing.
Siswa   :iya, (Siswa mulai berhitung 1 sampai 6dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya)
Guru    :betul nak, salah satu perbedaannya yang anak-anak sebutkan. Untuk yang belum tau dan belum paham coba bukunya di buka dan dibaca di bab tentang hewan
Guru : anak-anak perhatikan tumbuhan paku dan tumbuhan lumut serta gambarnya yang bapak tampilkan.

b.Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
Guru    :bagaimana pengelompokkan hewan kedalam kelompoknya masing-masing?
Siswa   :tempat hidup, sayap, makanannya bu/pak.
Guru    : nah silahkan kalian cari cara pengelompokannya
Siswa   : iya bu/pak
Guru    : membagikan LKS, anak-anak waktunya 20 menit harus selesai ya.
Siswa   : iya bu/pak.

c.  Data collection (Pengumpulan Data)
Guru    :silahkan kalian cari di buku kalian atau di google tentanghewan dan pengelompokkannya.
Siswa   :iya bu/pak
Guru    :jangan lupa cari selengkap-lengkapnya ya, supaya mudah memahaminya dan berasal dari sumber yang jelas.
Siswa   : baik bu/pak
d.  Data Processing (Pengolahan Data)
Guru    :anak-anak, coba kalian cocokan antara pendapat kalian tentang video serta gambar yang ditampilkan dengan data yang kalian dapat dengan data yang kalian peroleh dari buku cetak dan literature yang sudah kalian dapat.
Siswa   :iya bu/pak.Ternyata
Guru    : jika sudah tuliskan jawaban kelompoknya di LKS nya.
Siswa   : iya bu/pak.

e.  Verification (Pembuktian)
Guru    : membimbing siswa untuk membuktikan anatara jawaban siswa dengan teori yang sudah ada. anak-anak coba kalian cocokan antara jawaban dengan buku paket, apakah sesuai hewan tersebut masuk ke invertebrata/ vertebrata?
Guru    :apakah ada yang belum benar?
Siswa   : membuktikan kebenaran antara teori dengan hasil pengamatannya.
ada bu/pak,  ternyata hewan ini termasuk vertebtrata

f. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Guru   
Membuat kesimpulan bersma siswa mengenai materi pembelajaran tentang kelompok hewan.
dari pembelajaran hari ini tentang kelompok hewan, adakah yang bisa menyimpulkan?
Siswa   : saya bu/pak
Guru    : iya silahkan.
Siswa   : kelompok hewan ada 2 kelompok
1.      Hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata) dikelompokkan menjadi delapan kelompok. Hewan tersebut adalah hewan berpori (Porifera), hewan berongga (Coelenterata), cacing pipih (Platyheminthes), cacing gilig (Nemathelminthes), cacing berbuku-buku (Annelida), hewan lunak (Mollusca), hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda), dan hewan berkulit duri (Echinodermata).
2.      Hewan Vertebrata ada lima kelompok, yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia.

90 menit
3
Penutup
Guru
·        Bersama siswa membuat kesimpulan tentang pengelompokan hewan.
·        Melakukan evaluasi dengan memberikan tugas LKS.
·        Memberikan penguatan tentang pengelompkkan hewan berdasarkan tulang belakang,pembagian kelas hewan pada phyllum Avertebrata dan vertebrata.
·        menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu tentang klasifikasi Materi dan perubahannya.
·        menutup pembelajaran dengan   mengucapkan salam “assalamualaikum wr wb
20 menit


















LKS (Lembar Kerja Siswa)
4.2 Menyajikan hasil  pengklasifikasian makhluk  hidup dan benda di  lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik  yang diamati
3.3  Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

Nama Kelompok          :
Kelas                           :



Jawablah soal – soal dibawah ini dengan benar !
1.      Kelompok Hewan apa sajakah yang  termasuk Avertebrata ?
2.      Mengapa hewan-hewan tersebut  disebut hewan Avertebrata ?
3.      Hewan apa sajakah yang  termasuk Vertebrata ?
4.      Mengapa hewan-hewan tersebut  disebut hewan Vertebrata ?
5.      Tulislah perbedaan ciri hewan-hewan tersebut ke dalam tabel (berdasarkan alat respirasi, alat gerak dan penutup tubuh) !
No
Nama hewan
Alat respirasi
Alat gerak
Penutup tubuh
1
Ikan mujahir
2
Lele
3
Katak
4
Kadal
5
Cicak
6
Burung
7
Ayam
8
Tikus
9
Kambing



10
Buaya

















Kunci Jawaban Dan Norma Penilaian

No
Kunci jawaban
Skor maks
1
Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Anellida,  Mollusca,  Ehinodermata dan Arthropoda
8
2
Karena tidak mempunyai ruas-ruas tulang belakang
2
3
 ikan mujahir, ikan lele, katak, kadal, cicak, burung, ayam, tikus,
8
4
Karena mempunyai ruas-ruas tulang belakang
2
5
No
Nama hewan
Alat respirasi
Alat gerak
Penutup tubuh
1
Ikan mujahir
Insang
Sirip
Sisik
2
Lele
Insang
Sirip
Kulit tidak bersisik (berlendir)
3
Katak
Kulit dan paru-paru
Kaki berselaput
Kulit tidak bersisik (berlendir)
4
Kadal
Paru-paru
kaki
Sisik 
5
Cicak
Paru-paru
kaki
Kulit tidak bersisik, kering
6
Burung
Paru-paru
kaki
Bulu
7
Ayam
Paru-paru
kaki
Bulu
8
Tikus
Paru-paru
kaki
Rambut
9
Kambing
Paru-paru
kaki
Rambut 
10
Buaya
Paru-paru
kaki
Sisik 

20
Jumlah
40

Nilai : skor  perolehan x 10
                          4





Rubrik Penilaian Afektif
Kategori
Unggul (3)
Kompeten (2)
Perlu Diperbaiki (1)
Menunjukkan Rasa Ingin Tahu
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan pembelajaran
Menunjukkan rasa ingin tahu yang namun tidak terlalu antusias, antusias, baru terlibat aktif dalam pembelajaran ketika di suruh
Tidak menunjukkan antusias dalam pembelajaran, sulit terlibat aktif dalam kelompok walaupun telah didirong untuk terlibat
Tanggung Jawab
Menyelesaikan semua tugas sesuai dengan waktu yang telah di tentukan
Menyelesaikan sebagian tugas sesuai dengan waktu yang telah di tentukan
Menyelesaikan semua tugas tidak sesuai dengan waktu yang telah di tentukan
Keaktifan Siswa
Selama kegiatan diskusi dan pembelajaran berlangsung, siswa menjawab pertanyaan, menyanggah, mengajukan pertanyaan serta mengemukakan gagasan maupun ide
Selama kegiatan diskusi dan pembelajaran berlangsung, siswa menjawab pertanyaan, menyanggah, mengajukan pertanyaan
Selama kegiatan diskusi dan pembelajaran berlangsung, siswa hanya mengajukan 1 pertanyaan  , dan tidak mengemukakan gagasan maupun ide
Kerja Sama
Selama kegiatan diskusi berlangsung, siswa membantu temannya dalam menganalisis dan menyelesaikan semua pertanyaan diskusi yang diberikan
Selama kegiatan diskusi berlangsung, siswa membantu temannya dalam menganalisis materi yang di bahas
Selama kegiatan berlangsung siswa mempelajari dan menyelesaikan pertanyaan diskusi secara individual


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

problem pendidikan biologi dan solusi

BAB  I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah suatu usaha sadar, terencana, sistematis dan berlangsung terus mene...