Rabu, 13 Maret 2019

RPP monera protista


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan          : SMP
Mata Pelajaran               : IPA
Kelas/Semester               : VII/1
Materi Pokok                  : Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Materi                      : Kelompok Monera dan Protista
Alokasi Waktu                : 3 × 40 menit
PERTEMUAN                : KE-1

  1. KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
3.2.11. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
3.2.11.1. Peserta Didik dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  2. MATERI PEMBELAJARAN
Pada pengamatan tersebut di atas, kamu akan menemukan makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Selnya memiliki membran inti (eukariotik), bersel tunggal (uniseluler), dan yang mampu berkembang biak. Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah kelompok Protista. Beberapa contoh kelompok Protista adalah Amoeba, Euglena, Paramecium, Dictyostelium discoideum, Saprolegnia sp., Physarium polycephalum, Phytophtora infestans.
Protista juga ada yang menyerupai hewan. Kelompok Protista ini disebut Protozoa. Kelompok Protozoa di antaranya adalah Paramecium, Entamoeba histolytica yang terdapat pada usus besar yang dapat mengakibatkan penyakit diare, dan Plasmodium malariae yang terdapat pada sel darah merah yang mengakibatkan penyakit malaria
Kelompok makhluk hidup tersebut mempunyai ciri-ciri seperti selnya tidak memiliki membran inti (prokariotik), bersel satu (uniseluler), dan mampu berkembang biak dengan membelah diri. Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah kelompok Monera. Contoh kelompok Monera ialah bakteri dan alga biru. Bakteri terdapat di lingkungan kita, ada yang bermanfaat bagi kehidupan manusia seperti bakteri Escherichia coli yang berperan membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makanan. Ada pula bakteri yang berbahaya bagi kehidupan manusia seperti Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit TB (tuberculosis paru).
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
                  : saintifik
2. Metode pembelajaran
    : Diskusi, Presentasi, Observasi
3. Model pembelajaran
     : Discovery Learning
G. SUMBER/ MEDIA PEMBELAJARAN
1. Alat/ Media : Whiteboard,
Spidol, Gambar-gambar  Monera dan Protista
2. Sumber  : Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Semester I Kemendikbud 2016

H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1 (pertama) : 2x40 menit
Kegiatan
Deskripsi Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
 Assosiatif

Guru “Assalamulallaikum...”
Murid Menjawab “Walaikumsalam...”
Guru mengondisikan kelas
Guru menerintah Ketua Kelas untuk siap melakukan doa bersama sebelum melakukan pemebelajaran
Siswa bersama-sama membaca basmallah
Guru mengabsen siswa
Guru memberikan Apersepsi
Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya yang telah di pelajari siswa
-Guru bertanya “Ada yang ingat sebelumnya membahas materi apa ?”
-Siswa menjawab “Makhluk mikroskopis”
-Guru bertanya lagi “Makhluk apa yang bisa dilihat di mikroskop?
-Siwa menjawab “Banyak Bu.”
- Guru bertanya “Coba sebutkan contohnya?
- ”Siswa menjawab “Bakteri, Amoeba Bu”
- Guru mulai menekankan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan. Materi sebelumnya yaitu tentang makhluk Mikroskopis.
-Guru memberikan motivasi
-Guru bertanya kepada siswa-siswa :
Pernahkah kalian memakan agar-agar?
Siswa : pernah bu?
Guru :  Bagaimana teksturmya?
Siswa : teksturnya kenyal bu.
15 menit
Inti
Stimulation
Guru memberikan media berupa gambar amoeba, euglena, paramecium, protista makro (alga merah, alga hijau, alga coklat) agar siswa menimbulkan rasa  ingin tau yang tinggi dan rasa ingin menyelidiki sendiri/dengan kelompok belajarnya.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
“ada yang tahu gambar A itu gambar apa?
-siswa menanggapi pertanyaan guru
guru memberi pertanyaan
“ada yang tahu juga gambar B itu gaambar apa?”
- siswa menanggapi pertanyaan guru
-Guru mulai memberikan sebuah pertanyaan, agar siswa mencari informasi sendiri
“apakah ada perbedaan dari gambar A dan gambar B?”
– siswa menanggapi pertanyaan guru

Problem Statement
-guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah)
-siswa membuat suatu hipotesis dari Rumusan Pemasalahan/pertanyaan dari guru.
Hipotesis “gambar A makhluk hidup yng memiliki membran inti (eukarotik) dan bersel satu, gambar tersebut merupakan protista”
Gambar B makhluk hidup prokariotik, gambar tersebut merupakan monera

Data Collection
guru juga memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
-Guru membagi sebuah kelompok belajar kecil, lalu Guru mentukan kelompok.
-Siswa mulai berkumpul dengan kelompoknya masing masing yang telah di tentukan oleh guru.
-Guru mulai membagi tugas kepada setiap kelompoknya
-Siswa/Kelompok belajar mulai mengumpulkan berbagai informasi/data-data dari berbagai sumber pembelajaran yang ada berupa Searching Internet & Sumber Buku

Data Proseccing
-Murid mulai menganalisis data-data yang di peroleh, dari sumber buku,internet atau literatur lainnya.
-Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil dari pengumpulan data yang telah di temukan oleh kelompok

Verification
-Setiap perwakilan kelompok belajar  maju ke depan kelas dan memaparkan hasil pengumpulan datanya dari sumber-sumber yang relevan, hal seterusnya di lakukan hingga kelompok terakhir
- guru mengarahkan siswa/kelompok belajar untuk membandingkan dan mendata secara keseluruhan dengan teman siswa/kelompok belajar yang lainnya, agar hipotesis yang telah dibuat terbukti kebenaran.
- siswa/kelompok belajar saling melakukan tukar informasi ataupun mengumpulkan data.

Generalization
Proses menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum.
-Guru memberi kesempatan untuk siswa menarik sebuah kesimpulan dalam kegiatan hasil diskusi presentasi



60 menit
Penutup
Guru melakukan evaluasi
·        Guru memberi sebuah penguatan materi klasifikasi monera dan protista yang telah di bahas pada pertemuan ini.
·        Siswa memahami secara keseluruhan materi klasifikasi monera
Siswa bersama-sama membaca hamdallah.
Guru mengucapkan salam penutup



15 menit




PENILAIAN
Lembar Penilaian Diskusi Kelompok
No
Aspek yang di nilai
Skor nilai
Unggul 3
Kompe-ten 2
Perlu perbaik-an 1
Dalam kelompok
1
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerja sama kelompok (komunikasi)



3
Pembagian tugas (job)



Individu di dalam diskusi kelompok
4
Berani mengemukan pendapat/argumentasi



5
Berani menjawab pertanyaan



6
Menanggapi gagasan dengan sikap sopan



Jumlah

Nilai akhir = jumlah nilai kelompok x 100
                        Total skor maksimal
Dimensi
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
3.siswa menyelesaikan tugas kelompok sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
2. siswa menyelesaikan sebagian tugas kelompok dengan waktu yang telah ditentukan.
1. siswa hanya menyelesaikan 1-2 soal tugas kelompok dengan waktu yang telah ditentukan.
Kerja sama kelompok (komunikasi)
3.siswa mampu berkomunikasi kepada semua anggota
2.siswa hanya berkomunikasi dengan beberapa anggota
1. siswa hanya berkomunikasi dengan satu anggota
Pembagian tugas (job)
3.ketua mampu membagi tugas ke anggota secara menyeluruh
2. ketua hanya mampu membagi tugas kepada sebagian anggota
1. ketua hanya membagi tugas kepada 1-2 anggota saja.
Berani mengemukan pendapat/argumentasi
3.siswa mampu mengemukakan pendapat kelompok/individu kepada kelompok yang presentasi dengan alasan yang berdasarkan buku/sumber lainnya.
2. siswa mampu mengemukakan pendapat kelompok/individu kepada kelompok yang presentasi tidak berdasarkan buku.
1. siswa tidak mengemukakan pendapat kelompok/individu kepada kelompok yang presentasi
Berani menjawab pertanyaan
3.siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kelompok lain dan menjawab dengan benar.
2. siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kelompok lain dan menjawab hanya sebagian.
1. siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kelompok lain tetapi jawaban salah.
Menanggapi gagasan dengan sikap sopan
3.siswa menanggapi gagasan dengan sikap sopan, dan bahasa yang santun.
2. siswa menanggapi gagasan dengan sikap sopan dan bahasa yang diucapkan kurang santun
1. siswa tidak bisa menanggapi gagasan dengan sikap sopan

Lembar Penilaian Presentasi
No
Aspek penilaian
Kriteria penilaian
Skor penilaian
Skor
3
2
1
1

Penyajian/penguasaan  materi
1.      Menyajikan materi dengan lengkap, terstruktur  dan jelas.




2.      Kemampuan penguasaan materi




2
Kemampuan presentasi
3.      Dipresentasikan dengan percaya diri, antusias dan bahasa yang baik dan benar




4.      Seluruh anggota ikut berpartisipai dalam presentasi




3
Intonasi
5.      Dalam menyampaikan materi tidak terburu-buru, vokal jelas dan suara lantang.





Dimensi
1.         3. Menyajikan materi dengan lengkap, struktur dan jelas.
2. Menyajikan materi dengan lengkap, terstruktur namun tidak jelas
1. Menyajikan materi kurang lengkap, tidak struktur dan tidak jelas.
2.         3. Kemampuan penguasaan materi dengan paham (baik)
            2. Kemampuan penguasaan materi kurang paham
            1. Kemampuan penguasaan materi tidak paham
3.         Kemampuan presentasi
3. Dipresentasikan dengan percaya diri, antusias dan bahasa yang baik dan benar
2. Dipresentasikan dengan percaya diri, antusias dan bahasa yang kurang baik (bahasa daerah )dan benar
1. Dipresentasikan dengan tidak percaya diri, kurang antusias dan bahasa yang digunakan banyak menggunakan bahasa daerah.
4.         3.Seluruh anggota ikut berpartisipai dalam presentasi
            2. Salah satu anggota tidak ikut berpartisipai dalam presentasi
            1. lebih dari satu anggota tidak ikut berpartisipai dalam presentasi
5.         intonasi
3. Dalam menyampaikan materi tidak terburu-buru, vokal jelas dan suara lantang.
2. Dalam menyampaikan materi tidak terburu-buru, vokal jelas dan suara tidak lantang.
1. Dalam menyampaikan materi terburu-buru, vokal tidak jelas dan suara tidak lantang.
Nilai akhir = jumlah skor x 100
Total skor maksimal
A = unggul                  80-100
B = kompeten             70-79
C = perlu diperbaiki  60-69

Rubrik Penilaian Post Test
Soal nomor 1
Kriteria Jawaban
Skor
Siswa menjawab nama kelompok makhluk hidup dengan jelas, dan siswa menjawab 3 contoh dari kelompok tersebut disertai nama ilmiah
20
Siswa menjawab nama kelompok makhluk hidup dengan jelas, dan siswa menjawab 3 contoh dari kelompok tersebut tanpa disertai nama ilmiah
10
Siswa menjawab nama kelompok makhluk hidup dengan jelas, dan siswa tidak memberikan contoh
5
Tidak ada  jawaban yang dijawab dengan benar (tidak mengisi jawaban)
0

Soal nomor 2
Kriteria Jawaban
Skor
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, menyebutkan alasan dengan jelas dan menyebutkan nama makhluk hidup dari setiap gambar
20
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, menyebutkan alasan dengan jelas dan siswa tidak menyebutkan 3  nama makhluk hidup dari setiap gambar
10
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, tidak menyebutkan alasan dengan jelas dan siswa tidak menyebutkan 3  nama makhluk hidup dari setiap gambar
5
Tidak ada  jawaban yang dijawab dengan benar (tidak mengisi jawaban)
0

Soal nomor 3
Kriteria Jawaban
Skor
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, menyebutkan penyebarannya dilengkapi dengaan nama serangga yang menyebabkan penyakit tersebut
20
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, menyebutkan penyebarannya tidak dilengkapi dengan nama serangga yang menyebabkan penyakit tersebut
10
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, tidak menyebutkan penyebarannya dan tidak dilengkapi dengan nama serangga yang menyebabkan penyakit tersebut
5
Tidak ada  jawaban yang dijawab dengan benar (tidak mengisi jawaban)
0

Soal nomor 4
Kriteria Jawaban
Skor
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, menyebutkan nama penyakit yang ditimbukan dengan tepat dan menyebutkan cara berkembangbiakannya dengan benar
20
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, menyebutkan nama penyakit yang ditimbukan dengan tepat dan tidak menyebutkan cara berkembangbiakannya dengan benar
10
Siswa menjawab kelompok makhluk hidup dengan benar, tidak menyebutkan nama penyakit yang ditimbukan dengan tepat dan tidak menyebutkan cara berkembangbiakannya dengan benar
5
Tidak ada  jawaban yang dijawab dengan benar (tidak mengisi jawaban)
0

Soal nomor 5
Kriteria Jawaban
Skor
Siswa dapat mengelompokkan protista dan monera dengan tepat, dapat menjawab kelompok makhluk hidup yang menguntungkan bagi manusia dengan jelas
20
Siswa kurang tepat dalam  mengelompokkan protista dan monera, dapat menjawab kelompok makhluk hidup yang menguntungkan bagi manusia dengan jelas
10
Siswa kurang tepat dalam  mengelompokkan protista dan monera, dan hanya dapat menjawab 1 kelompok makhluk hidup yang menguntungkan bagi manusia dengan jelas
5
Tidak ada  jawaban yang dijawab dengan benar (tidak mengisi jawaban)
0




Lembar Penilaian LKS
No.
Butir Pertanyaan
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir
0
5
10
20
1.
Agar-agar terbuat dari suatu kelompok makhluk hidup bersel satu dan mempunyai membran inti, apakah kelompok makhluk hidup tersebut?  Tuliskan contohnya?
2.
Gambar dibawah ini termasuk kelompok apa? Sebutkan alasannya?
3.
Rani mengalami penyakit malaria, saat diperiksa ke dokter di dalam darahnya terdapat suatu kelompok makhluk hidup. Termasuk kelompok apakah makhluk hidup tersebut? Bagaimana penyebarannya makhluk hidup tersebut?
4.
Di dalam darah Andi terdapat kelompok makhluk hidup yang menyebabkan batuk. Penyakit apa yang ditimbulkan oleh kelompok makhluk hidup tersebut ? bagaimana perkembangbiakannya?
5.
Di bawah ini ada beberapa makhluk hidup : Paramecium, Alga merah, Chrococcus, Plasmodium , Bakteri  M. Tuberculosis, Ulva sp., Escherichia coli. Kelompokkan makhluk hidup yang termasuk ke dalam protista dan monera! Manakah Makhluk hidup diatas yang menguntungkan bagi manusia? Apa manfaat dari makhluk hidup tersebut?
Jumlah skor maksimal = 100




LKS (Lembar Kerja Siswa)
Isilah pertanyaan-pertanyan berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
Nama Kelompok :


1.      Agar-agar terbuat dari suatu kelompok makhluk hidup bersel satu dan mempunyai membran inti, apakah kelompok makhluk hidup tersebut?  Tuliskan contohnya?

2.      Gambar dibawah ini termasuk kedalam kelompok apa? Sebutkan alasannya?
A                                             b                                              c
3.      Rani mengalami penyakit malaria, saat diperiksa ke dokter di dalam darahnya terdapat suatu kelompok makhluk hidup. Termasuk kelompok apakah makhluk hidup tersebut? Bagaimana penyebarannya makhluk hidup tersebut?

4.      Di dalam darah Andi terdapat kelompok makhluk hidup yang menyebabkan penyakit batuk. Makhluk hidup tersebut termasuk ke dalam kelompok apa? Penyakit apa yang ditimbulkan oleh kelompok makhluk hidup tersebut ? bagaimana cara  perkembangbiakannya?

5.      Di bawah ini ada beberapa makhluk hidup :
a.       Paramecium
b.      Alga merah
c.       Chrococcus
d.      Plasmodium
e.       Bakteri  M. tuberculosis
f.        Ulva sp.
g.       Escherichia coli
1)      Kelompokkan makhluk hidup yang termasuk ke dalam protista dan monera  !
2)      Manakah Makhluk hidup diatas yang menguntungkan bagi manusia? Apa manfaat dari makhluk hidup tersebut?


Kunci jawaban
Jawaban 1 : Makhluk hidup tersebut termasuk kedalam kelompok Protista maroskopis, contohya alga coklat (Fucus sp.), alga merah (Gracillaria sp.), alga hijau (ulva sp.)

Jawaban 2 :
Gambar tersebut  termasuk ke dalam kelompok protista.
Alasannya karena bentuknya tidak beraturan, memiliki membran inti, bersel tunggal
Gambar A disebut amoeba, gambar B disebut euglena, gambar C disebut paramecium

Jawaban 3 : makhluk hidup tersebut termasuk ke dalam kelompok protista. Penyebarannya di dalam sel darah merah melalui nyamuk Anopheles

Jawaban 4 : makhluk hidup tersebut termasuk ke dalam kelompok monera. Penyakit tersebut yaitu Tuberculosis. Perkembangbiakannya dengan cara membelah diri
Jawaban 5 :
Kelompokkan makhluk hidup yang termasuk ke dalam protista yaitu paramecium, alga merah, plasmodium dan ulva sp. Kelompokkan makhluk hidup yang termasuk ke dalam monera yaitu Chrococcus, bakteri M. tuberculosis  dan Escherichia coli
Makhluk hidup diatas yang menguntungkan bagi manusia alga merah,  Ulva sp, Escherichia coli
Manfaat alga merah,  Ulva sp, sebagai bahan pembuatan agar
Manfaat Escherichia coli sebagai membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

problem pendidikan biologi dan solusi

BAB  I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah suatu usaha sadar, terencana, sistematis dan berlangsung terus mene...