Rabu, 13 Maret 2019

RPP Sistem Pencernaan Manusia SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI MIPA / Ganjil
Materi                        : Sistem Pencernaan Manusia
Sub materi                  : kelainan Sistem Pencernaan
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A.     Kompetensi Inti (KI)
KI. 1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
a.       Setelah membaca artikel tentang diare, peserta didik dapat mengetahui permasalahan diare
b.      Peserta didik dapat mengetahui permasalahan diare, dan mampu menjelaskan organ apa yang terserang Diare.
c.       Peserta didik mampu menjelaskan organ saluran pencernaan dan urutannya dengan benar.
d.      Peserta didik dapat menjelaskan tempat kedudukan alat dan kelenjar pencernaan  serta fungsinya dengan benar.
e.       Peserta didik mampu menjelaskan struktur organ pencernaan dan menghubungkan antara struktur dengan fungsi organ pencernaan.
f.        Peserta didik mengetahui gannguan fungsi dan mampu memecahkan permasalahannya.
g.       Menjelaskan cara menjaga kesehatan diri dengan prinsip-prinsip dalam perolehan nutrisi dan energi melalui makanan dan kerja sistem pencernaan.

KD 4.7 Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan manusia melalui berbagi bentuk media presentasi
a.       Membuat hasil analisis tentang kelainan struktur dan fungsi pada system pencernaan manusia dalam bentuk laporan tertulis.
b.      Membuat hasil analisis tentang kelaianan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan system pencernaan manusia dalam bentuk media presentasi.
c.       Menyajikan hasil analisis tentang kelainan struktur dan fungsi pada organ-organ system pencernaan manusia dalam bentuk laporan media presentasi.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca artikel tentang diare, peserta didik dapat mengetahui hubungan antara organ pencernaan dengan permasalahan diare.
2.      Setelah mengetahui organ pencernaan, peserta didik mampu menjelaskan struktur organ pencernaan.
3.      Setelah peserta didik mengetahui struktur organ pencernaan, peserta didik dapat mengaitkan dengan fungsi organ pencernaan.
4.      Setelah Peserta didik dapat menjelaskan tempat kedudukan alat dan kelenjar pencernaan  serta fungsinya dengan benar.
5.      Mengaitkan beberapa permasalahan dengan pencernaan dengan konsep yang sudah  dipelajari.
6.      Menjelaskan cara menjaga kesehatan diri dengan prinsip-prinsip dalam perolehan nutrisi dan energi melalui makanan dan kerja sistem pencernaan.
7.      Peserta didik dapat mencari solusi atas masalah pada saluran pencernaan
8.       Peserta didik dapat membuat daftar menu makanan yang memenuhi asupan sehari-hari.
9.      Membuat hasil analisis tentang kelaianan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan system pencernaan manusia dalam bentuk berbagai media.
10.  Menyajikan hasil analisis tentang kelainan struktur dan fungsi pada organ-organ system pencernaan manusia dalam bentuk laporan tertulis tentang pencegahan dan solusi permasalahan pencernaan.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Fakta: Manusia termasuk organisme heterotrof yang memperoleh makanan dari organisme lainnya baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Makanan tersebut oleh tubuh akan dicerna terlebih dahulu hingga zat-zat yang terkandung dalam bahan makanan tersebut dapat diserap oleh tubuh untuk dipergunakan dalam menjaga kelangsungan hidup. Kebiasaan dan pola mengonsumsi makanan yang salah atau tidak seimbang menyebabkan gangguan kesehatan.







Makanan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup
Description: Bahan-Makanan-300x214 Description: ANd9GcTt2I7osd1ghMJrdCVWsOUOvVCXj6dQEg7fB8nk4hrlY2UJiGr5-g

Kebiasaan dan pola mengonsumsi makanan yang salah atau tidak seimbang menyebabkan gangguan kesehatan
  Description: obesitas-pada-anak Description: hungerDescription: kwashiorkor


2.      Materi Konsep
·        Syarat makanan yang baik dan menyehatkan: mudah dicerna, higienis, mengandung zat gizi (nutrisi) dan kalori dengan jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh.
·        Fungsi utama makanan:  sumber energi (zat pembakar), pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh (zat pembangun), mengatur proses tubuh (zat pengatur), pelindung tubuh terhadap lingkungan dan bibit penyakit.
·        Makanan bergizi: mengandung karbohidrat, protein, lemak (lipid), vitamin, dan mineral dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh.
·        Karbohidrat merupakan senyawa yang terdiri atas karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Rumus umum karbohidrat CnH2nOn.
·        Lipid tersusun atas atom karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Lemak/minyak terdiri atas gabungan gliserol dengan asam-asam lemak.
·        Protein merupakan makromolekul yang terdiri atas rantai-rantai panjang asam amino yang terikat satu sama lainnya dalam ikatan peptida. Tersusun dari atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N).
·        Vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin B kompleks yang terdiri atas B1 (tiamin), B2 (riboflafin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B11 (asam folat), B12 (sianokobalamin), vitamin H (biotin), dan vitamin C (asam askorbat).
·        Vitamin yang larut dalam lemak atau minyak, yaitu vitamin A (retinol), D (kalsiferol), E (tokoferol), dan K (anti dikumrol/menadion).
·        Mineral makro, diperlukan tubuh dalam jumlah banyak, contohnya Na, Cl, K, Ca, P, Mg, dan S.
·        Mineral mikro, diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, contohnya Fe, Zn, I, Se, Mn, F, Cu, Cr, Mo, Co.
·        Fungsi air bagi tubuh, yaitu pelarut dan pengangkut, katalisator, pelumas, pengatur, pelindung, dan pembangun.
·        Zat aditif makanan adalah bahan yang ditambahkan dan dicampurkan pada waktu proses pengolahan makanan.
·        Angka metabolisme basal (AMB) dipengaruhi oleh faktor: jenis kelamin, umur, ukuran tubuh, komposisi tubuh , tingkat kesehatan, suhu lingkungan, suhu tubuh, istirahat, sekresi hormon, status gizi, merokok, keadaan hamil/menyusui.
·        Pola menu 4 sehat 5 sempurna: makanan pokok, lauk, sayur, buah, dan susu.
·        Sistem pencernaan manusia: saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan: mulut (kavum oris), tekak (faring), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus (duodenum, jejenum, ileum, usus besar (kolon), rektum, dan anus. Kelenjar pencernaan: kelenjar ludah (salivari), lambung, pankreas, dan hati (hepar).
·        Gangguan pencernaan: sariawan (stomatitis aftosa), muntah (emesis/vomitus), konstipasi (sembelit), obstipasi (konstipasi parah), maag (tukak lambung/gastritis), diare, flatus, apendisitis, malnutrisi, malabsorpsi, parositis (gondongan/mumps), peritonitis, kolik, ulkus peptikum, gastroenteritis (flu perut), xerostomia, karies gigi, dan hepatitis.
·        Teknologi pencernaan: feeding tube, stomach tube, rectal tube, dan endoskop.

3.      Materi Prinsip
·        Makanan diperlukan tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup sebagai penghasil energi (zat pembakar), pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh (zat pembangun), mengatur proses tubuh (zat pengatur), pelindung tubuh terhadap lingkungan dan bibit penyakit.

4.      Materi Prosedural
·        Uji zat makanan.

 PENCERNAAN MAKANAN PADA  MANUSIA
a.       Alat Pencernaan :
1.      Mulut (Gigi, Lidah, Kelenjar Ludah )
2.      Kerongkongan ( Esofagus )
3.      Lambung ( Ventrikulus )
4.      Usus Halus ( Intestinum Tennue ) Terdiri Atas : Usus 12 Jari / Duodenum(25cm), Usus Kosong/ jejenum (7m), Usus Penyerapan/Ileum (1m)
5.      Usus Besar (Colon )
6.      Poros Usus ( Rektum )
7.      Berakhir Di Anus
b.      Gigi :
Macam gigi :
1.      gigi seri             (insisivus) / I untuk memotong motong makanan
2.      gigi taring          ( caninus)/ C untuk  merobek / mencabik makanan
3.      gigi geraham      ( molar) / M untuk mengunyah makanan
Rumus gigi :
1.      Gigi susu/anak : jumlah 20 buah

P     C       I           I           C         P
2     1        2          2          1          2     
  
2.      Gigi tetap/dewasa : jumlah 32 buah

M              P          C         I           I           C         P          M
3               2          1          2          2          1          2          3
   
c.       Enzim Pencernaan
Saluran Pencernaan
Nama Enzim
Fungsi
Tempat Produksi
1. Mulut
Ptialin
Mengubah zat tepung menjadi gula
Kelenjar ludah
2. Lambung
1.      Pepsin
2.      Renin
3.      Lipase

4.      HCL*
  
v  Mengubah protein menjadi pepton
Ø  Mengendapkan kasein
Ø  Menghidrolisis  trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol
v  Mengasamkan makanan agar terbebas dari kuman penyakit
v  Mengubah makanan menjadi Chyme (kim )
v  Mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin
v  Merangsang produksi hormon kolesistokinin & skretin
v  Mempengaruhi kerja klep pilorus




Dinding Lambung
3.Usus Halus
1.      Sukrase

2.       Maltase 
        
3.      Laktase 

4.      erepsinogen       
     
5.      enterokinase       

v  Memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
Ø  Memecah maltosa menjadi glukosa + glukosa
v  Memecah laktosa menjadi glukosa + galaktosa
Ø  Oleh enterokinase diaktifkan menjadi erepsin, berfungsi utk memecah pepton menjadi asam amino






Dinding usus halus
4. Usus dua belas jari
1.      lipase pankreas (steapsin )
2.      amilase pankreas  ( amilopsin)
3.      tripsinogen
v  Mengubah lemak menjadi asam lemak & gliserol
Ø  Mengubah amilum menjadi  maltosa


v  Oleh enterokinase diaktifkan menjadi tripsin berfungsi mengubah protein & pepton menjadi dipeptida & asam amino



Pankreas
v  Penyerapan zat makanan terjadi dalam ileum: karbohidrat diserap dalam bentuk glukosa, protein dalam bentuk asam amino, lemak dalam bentuk asam lemak dan gliserol

1.    Fakta
Adanya penyakit/gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia seperti sariawan, sakit maag, beri-beri, kegemukan, busung lapar dan gizi buruk. Kebiasaan dan pola konsumsi makanan yang salah atau tidak seimbang menyebabkan gangguan kesehatan.
Kebiasaan dan pola mengonsumsi makanan yang salah atau tidak seimbang menyebabkan gangguan kesehatan.
2.    Konsep 
Gangguan pencernaan: sariawan (stomatitis aftosa), muntah (emesis/vomitus), konstipasi (sembelit), obstipasi (konstipasi parah), maag (tukak lambung/gastritis), diare, apendisitis, malnutrisi, malabsorpsi, parositis (gondongan/mumps), peritonitis, kolik, ulkus peptikum, gastroenteritis (flu perut), xerostomia, karies gigi, dan hepatitis.
3.    Prinsip
Makanan diperlukan tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup sebagai penghasil energi, pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, pengatur proses tubuh, pelindung tubuh terhadap lingkungan dan bibit penyakit.

4.    Pro­sedur
Langkah – langkah dalam mengidentifikasi penyakit/gangguan sistem pencernaan makanan
Langkah – langkah dan prosedur dalam penyusunan laporan hasil diskusi tentang penyakit/gangguan sistem pencernaan makanan.

E.     STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Pendekatan     : Saintifik
2. Model             : PBL (Problem Based Learning)
3. Metode           : Diskusi, Observasi  
F.      Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
waktu
1
Pendahuluan
Guru
Peserta didik
10 menit
§ Mengucapkan salam ( assalamualaikum Wr. Wb)

§ Mengajak berdo’a sebelum pembelajaran

§ Absensi siswa

§ Menanyakan kesiapan belajar
§ Menjawab salam (wassalamualaikum Wr. Wb)
§ berdo’a bersama
§ menjawab absensi (hadir pak)
§ sudah siap Pak.

2
Kegiatan inti
Guru
Peserta didik

Memberikan artikel tentang gizi buruk di (Suku Asmat) papua. Anak-anak silahkan baca dengan seksama artikelnya.


Fase 1 Orientasi siswa kepada masalah
·        Apakah kalian pernah mengalami rasa lapar? Bagaimana rasanya? Organ apa yang memberikan respon lapar?
·        Bagaimana jika kalian merasakan lapar yang terus menerus?  Serta Asupan makanan yang kurang bergizi?

Fase 2 mengorganisasikan siswa untuk belajar
·        guru mengajak peserta didik untuk membuat  3  kelompok diskusi dengan cara berhitung dari angka 1 sampai 3.
·        siswa di motivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu
·        guru memberikan tabel bantuan untuk mencari informasi:
Informasi Yang Sudah Diketahui
Informasi Yang Harus Di Ketahui
Sumber Informasi
Jumlah Orang yang mengalami gizi buruk
Keadaan ekonomi orang tersebut
Artikel
Daerah yang terkena penyakitgizi buruk
Apa penyebabnya?
Internet
Jumlah Orang yang menderita gizi buruk
Cara pencegahan dan solusi dari penyakit tersebut?
Bagaimana pelayanan kesehatannya?
Literatur, internet.
Jumlah korban yang meninggal.
Usia berapakah yang sering terkena diare?
Internet/ Literatur
Fase 3  Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
guru mengamati dan memberikan arahan tentang permasalahan pada artikel untuk memecahkan masalah dan mencari  solusinya.

Siswa dibimbing untuk mencari berbagai macam sumber informasi melalui studi literatur dalam waktu 20 menit.
fase 4 Mengembangkan Dan Menyajikan Hasil Karya
Membimbing dan menanyakan bagaimana analisis masalah diatas dan pembuatan laporannya.
Bagaimana anak-anak, apakah ada kesulitan? Jika ada silahkan bertanya sebelum hasilnya di bacakan di depan kelas.

Jika sudah selesai, silahkan perwakilan kelompoknya maju untuk presentasi ya.

Beri applause untuk kelompok yang sudah mempresentasikan hasil diskusinya

fase 5 Menganalisis Dan Mengevaluasi Proses Permasalahan
Mengevaluiasi hasil laporan peserta didik dan memberikan pengarahan pembenaran atas permasalahan yang dibahas.

Iya pak,  peserta didik sambil Membaca artikel gizi buruk dengan seksama



Pernah pak, rasanya perih pak, perut pak.
jadi tidak konsentrasi.
Badan bia kurus, sakit, kurang gizi.


Membentuk 3 kelompok diskusi untuk memecahkan permasalahan diare. Iya pak, sudah terbentuk kelompoknya.





Mencari materi tentang pencernaan di buku ajar atau literature dan internet.




















§ Diskusi dalam kelompok untuk menganalisis masalah gizi buruk dan membuat laporannya secara tertulis.





§ Diskusi dikelas, setiap kelompok mempresentasikan hasil pembahasan di depan kelas.
§ Iya pak, tidak kesulitan.
§ (perwakilan kelompok maju dan mempresentasikan hasil diskusinya)

70 menit
3
Penutup
Resume :

Silahkan yang bisa membuat kesimpulan dari pembelajaran hari ini.

Refleksi : Memberikan pertanyaan
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam. Wassalamualaikum wr. Wb.

§ Menyimpulkan materi yang didapatkan pada pembelajaran system pencernaan. Saya pak,

§ Menjawab post test dari guru.
§ Menjawab salam waalaikum salam wr. wb
10 Menit









Description: Gambar terkait


RUBRIK PENILAIAN PESERTA DIDIK
Laporan hasil diskusi
No
Indicator
Unggul 3
Kompeten 2
Perlu Bantuan 1
1
Pemecahan masalah
Logis, dan sesuai dengan masalah yang ada.
Logis, dan kurang sesuai dengan masalah yang ada.
Tidak logis, dan kurang sesuai dengan masalah yang ada.
2
Solusi
Tepat, mudah diterapkan di permasalahan.
Kurang tepat, mudah di terapkan.
Kurang tepat, sulit di terapkan.
2
Kesimpulan
Singkat, padat, jelas dan sesuai dengan masalah yang ada.
Panjang, kurang jelas dan sesuai dengan masalah yang ada.
Panjang, kurang jelas dan belum sesuai dengan masalah yang ada.
4
Sumber data
Berasal dari buku, bukan dari blog siswa
Berasal dari buku dan blog
Berasal dari blog
5
Presentasi
Pemaparan jelas, logis, suara lantang, menarik
Pemaran jelas, logis, suara kurang lantang dan kurang menarik
Pemaran kurang jelas, logis, suara kurang lantang dan kurang menarik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

problem pendidikan biologi dan solusi

BAB  I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah suatu usaha sadar, terencana, sistematis dan berlangsung terus mene...