Rabu, 13 Maret 2019

sepenggal istilah dalam pendidikan


B. Pengelolaan Guru
Guru harus dapat menepatkan diri dan menciptakan suasana yang kondusif, karena fungsi guru di sekolah sebagai “orang tua” kedua yang bertanggungjawab atas pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak.ki Hajar Dewantara telah menggariskan pentingnya peranan guru dalam proses pendidikan gengan ungkapan :
Ing ngarsa sing tulada berarti didepan memberikan teladan. Asa ini sesuai dengan prinsip modelling yang dikemukakan olehb Sarason (1972) atau Bandura (1977). Sarason dan Bandura sama-sama menekankan pentingnya modelling atau kateladanan yang merupakan cara yang paling ampuh dalam mengubah perilaku inovasi seseorang.
Ing madya mangun karsa berarti ditengah menciptakan peluang untuk berprakarsa. Dengan menerapkan asas ini para guru perlu mendorong keinginan berkarya dalam diri peserta didik sehingga mampu membuat suatu karya. Asa ini sesuai dengan prinsip pedagogi produktif yang menekankan produktivitas pembelajaran dalam mencapai hasil belajar.
Tut wuri handayani artinya dari belakang memberikan dorongan dan arahan. Para guru perlu berperan sebagai pendorong atau motivator. Mereka juga perlu berperan sebagai pengarah atau pembimbing yang tidak membiarkan peserta didik melakukan hal yang kurang sesuai dengan tujuan pendidikan. Dengan demikian, para guru perlu menjadi fasilitator agar dorongan dan bimbingan dapat terwujud dalam perubahan perilaku peserta didik.
 C. Pengelolaan Pembelajaran
            1. Prinsip-prinsip Pembelajaran
            2. Prosedur Pembelajaran
                        a. Pendekatan
                        b. Metode
                        1) Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan cara menyampaikan materi ilmu pengetahuan kepada anak didik secara lisan. Yang perhatikan, hendaknya ceramah mudah diterima, isinya mudah dipahami serta mampu menstimulasipendengar (anak didik) untuk melakukan hal-hal yang baik dan benar dari isi ceramah yang disampaikan.
Dalam proses pembelajaran di sekolah, tujuan metode ceramah adalah menyampaikan bahan yang bersifat informasi (konsep, pengertian, prinsip-prinsip) yang banyak serta luas. Secara spesifik metode ceramah bertujuan untuk
a)      Menciptakan landasan pemikiran peserta didik melalui produk ceramah yaitu bahan tulisan peserta didik sehingga peserta didik dapat belajar melalui bahan tertulis hasil ceramah
b)      Menyajikan garis-garis besar isi pelajaran dan permasalahan yang terdapat dalam isi pelajaran
c)      Merangsang peserta didik untuk belajar mandiri dan menumbuhkan rasa ingin tahu melalui pemerkayaan belajar.
d)      Memperkenalkan hal-hal baru dan memberikan penjelasan secara gambling.
e)      Sebagai langkah awal untuk metode yang lain dalam upaya menjelaskan prosedur yang harus ditempuh peserta didik.
Alasan guru menggunakan metode ceramah harus benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Metode ceramah ini digunakan karena pertimbangan :
a)      Anak benar-benar memerlukan penjelasan, misalnya karena bahan baru atau guna mengindari kesalahpahaman.
b)      Benar-benar tidak ada sumber bahan pelajaran bagi peserta didik.
c)      Menghadapi peserta didik yang banyak jumlahnya dan bila menggunakan metode lain  sukar diterapkan
d)      Menghemat biaya, waktu dan peralatan.
2) Metode Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah mengajukan kepada peserta didik. Metode ini dimaksudkan untuk merangsang berpikir dan membimbingnya dalam mencapai kebenaran.
Proses Tanya jawab terjadi apabila ada ketidaktahuan atau ketidakpahaman akan sesuatu peristiwa. Dalam proses belajar mengajar, Tanya jawab dijadikan salah satu metode untuk menyampaikan materi pelajaran dengan cara guru bertanya kepada peserta didik atau peserta didik bertanya kepada guru. Adapun tujuan metode Tanya jawab adalah :
a)      Mengecek dan mengetahui sampai sejauhmana kemampuan anak didik terhadap pelajaran yang dikuasainya.
b)      Memberi kesempatan kepada anak didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang sesuatu masalah yang belum dipahaminya.
c)      Memotivasi dan menimbulkan kompetensi belajar.
d)      Melatih anak didik untuk berfikir dan berbicara secara sistematik berdasarkan pemikirab yang orsinil.
3) Metode Tulisan
Metode tulisan adalah metode mendidik dengan huruf atau symbol apa pun, ini merupakan suatu hal yang sangat penting dan merupakan jembatan untuk mengetahui segala sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui.
4) Metode Diskusi
Metode diskusi merupakan salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang dihadapi yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

problem pendidikan biologi dan solusi

BAB  I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah suatu usaha sadar, terencana, sistematis dan berlangsung terus mene...